Friday, November 29, 2013

Cara Memasang Regulator Elpiji Yang Benar


Memasang regulator elpiji mungkin gampang saja bagi orang yang terbiasa memakai kompor gas, tapi bagi kita yang baru saja beralih dari kopor minyak tanah ke kompor gas bisa jadi belum mengetahui cara memasang regulator elpiji yang benar. Oleh karena itu saya sempatkan menulis tentang cara memasang regulator yang benar standar dari pertamina.

Berikut ini step by step:
1. Pastikan bagian dalam regulator sudah bersih dari debu dan sebagainya dengan cara meniupnya.
2. Letakkan regulator pada pentil tabung gas tekan secukupnya, ingat secukupnya jangan menekannya sekuat tenaga.
Setelah posisi regulator terpasang tepat dan rata putar kunci regulator hingga habis.
4. Cek kebocoran gas dari regulator dengan mengoleskan air sabun di lobang kecil di bagian atas regulator. Jika muncul gelembung akibat tiupan gas berarti regulator atau karet tabung rusak atau tidak terpasang dengan benar. Jika tidak ada muncul gelembung udara berate pemasangan telah berhasil dengan sempurna. Jangan melakukan pengecekan gas dengan api atau pendengaran.
5. Setiap selesai memasak sebaiknya arahkan kunci regulator pada posisi off atau gas tidak berjalan.

Itulah cara aman memasang regulator untuk kompor gas elpiji di rumah. Kualitas regulator tidak selalu ditentukan oleh mahalnya harga begitu juga untuk kompor dan selang, sebenarnya semua perlengkapan memasak atau bagian-bagaian dari kompor gas dapat dikatakan aman digunakan asal memiliki sertifikat standard SNI atau ISO. Saat ini telah dijual juga regulator yang dapat dikunci dengan rapat yang banyak iklannya beredar di TV dengan tajuk “regulator tanpa karet”. Sebenarnya karet tabung gas pasti tetap dibutuhkan, sebab itu merupakan control tekanan dalam tabung gas elpiji.

Kapan sebaiknya mengganti regulator lama dengan yang baru, menurut saya sih tidak ada patokan waktu yang dapat dipakai. Namun demikian saya biasa menggantinya ketika regulator rusak atau pemakaian gas menjadi boros. Daya tahan regulator sangat tergantung pada jenis bahannya, namun dari sisi pemakaian regulator juga bisa cepat rusak jika sering dipasang-dilepas. Jadi sebaiknya belilah regulator yang memiliki kunci on off serta lepas. Salah satu regulator yang memiliki kunci seperti ini ada buatan Malaysia, untuk merek saya lupa. Regulator ada yang dijual berpasangan dengan selang dan ada juga regulatornya saja.